Niken Permata Sari, S.E., M.Sc., dosen Program Studi Kewirausahaan Universitas Widya Mataram (UWM) telah melaksanakan penelitian tentang destinasi wisata dan kaitannya dengan penggunaan media sosial. Media sosial saat ini telah menjadi sarana untuk menyebarkan informasi, media promosi dan komunikasi digital bagi pemasaran destinasi pariwisata.
Media sosial juga mempunyai potensi untuk berperan serta dalam upaya peningkatan industri pariwisata. Media sosial yang kini digunakan untuk mencari informasi destinasi pariwisata ialah instagram.
Niken dalam penelitiannya menguji pengaruh kesadaran destinasi pada citra destinasi dan niat berkunjung, dan juga pengaruh citra destinasi pada niat berkunjung. Penelitian yang melibatkan 191 responden tersebut dilaksanakan dengan metode survei secara daring.
Hasil penelitian Niken menunjukkan bahwa kesadaran destinasi berpengaruh positif pada citra destinasi dan niat berkunjung, serta citra destinasi berpengaruh positif pada niat berkunjung. Hal ini dapat digunakan sebagai masukan kepada pengelola destinasi wisata untuk mengutamakan citra destinasi wisata untuk menarik pengunjung. ©HumasUWM